Arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai
ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara
berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,
dan juga target biayanya. Dalam bidang teknik komputer, definisi
arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk
perancangan sistem komputer. Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann)
adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957].
Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini.
Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian
utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, &
alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut
dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”. Arsitektur
komputer merupakan suatu hal yang sangatlah penting karena dapat memberikan
berbagai atribut-atribut pada sistem komputer, hal tersebuti tentunya sangat
dibutuhkan bagi perancang ataupun user software sistem dalam mengembangkan
suatu program. (Sora, 2014).
Kognisi diartikan
sebagai aktifitas mengetahui, memperoleh, mengorganisasikan, dan menggunakan
pengetahuan. Struktur mental individu tersebut berkembangan sesuai dengan
tingkatan perkembangan kognitif seseorang. Semakin tinggi tingkat perkembangan
kognitif seseorang semakin tinggi pula kemampuan dan keterampilannya dalam
memproses berbagai informasi atau pengetahuan yang diterimanya dari lingkungan,
baik lingkungan phisik maupun lingkungan sosial. Struktur kognitif merupakan
tekanan dari psikologi kognitif. Struktur kognitif diartikan sebagai perbendaharaan
pengetahuan pribadi individu yang mencakup ingatan jangka panjangnya (long-term
memory). Karena dalam psikologi kognitif memandang manusia sebagai makhluk yang
selalu aktif mencari dan menyeleksi informasi untuk diproses. Individu
mengorganisasikan makna informasi itu ke dalam ingatan jangka panjang
(long-term memory). Ingatan jangka panjang yang terorganisasikan inilah yang
diartikan sebagai struktur kognitif. Struktur kognitif berisi sejumlah coding yang
mengadung segi-segi intelek yang mengatur atau memerintah perilaku individu;
perubahan perilaku mendasari penetapan tahap-tahap perkembangan kognitif. Tiap
tahapan perkembangan menggambarkan isi struktur kognitif yang khas sesuai
perbedaan antar tahapan (Armansyah, 2015).
Komponen-
komponen arsitektur komputer dibagi menjadi 4 bagian yaitu :
1 1. Input
Input (Masukan) Adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke
dalam komputer yang berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem
komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer,
sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data
yang dimasukkan.
2 2. Pemroses
Sebuah komponen komputer yang bekerja untuk
mengolah data yang masuk kedalam komputer.
3 3. Penyimpanan
Sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk
menyimpan data baik sementara atau selamanya.
4 4.Output
Output (Keluaran) Adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan
data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor),
ataupun berupa suara (Prezi, 2013).
Mann
(Azwar, dalam Riyanti, 1998) menjelaskan bahwa komponen kognitif berisikan
persepsi, kepercayaan, dan stereotipe yang miliki individu mengenai sesuatu.
·
- Persepsi
merupakan proses perlakuan individu yaitu pemberian
tanggapan, arti, gambaran, atau penginterprestasian terhadap apa yang dilihat,
didengar, atau dirasakan oleh indranya dalam bentuk sikap, pendapat, dan
tingkah laku atau disebut sebagai perilaku individu (Haryanto, 2015).
·
- Kepercayaan
menurut KBBI kepercayaan yakni seseorang atau hal
yang dipercayai. Kepercayaan dapat pula disamakan akidah dan/atau keimanan.
·
- Stereotype
menurut Psikologikucom (2014) stereotype
adalah pendapat atau prasangka mengenai orang-orang dari kelompok
tertentu, dimana pendapat tersebut hanya didasarkan bahwa orang-orang tersebut
termasuk dalam kelompok tertentu tersebut.
Jean Piaget menyebut bahwa struktur kognitif ini
sebagai skemata (Schemas), yaitu kumpulan dari skema-skema. Seseorang indvidu
dapat mengikat,memahami, dan memberikan respons terhadap stimulus disebabkan
karena bekerjanya skemata ini. Skemata ini berkembang secara kronologis sebagai
hasil interaksi antara individu denagn lingkungannya. Dengan demikian seorang
individu yang lebih dewasa memiliki struktur kognitif lebih lengkap
dibandingkan ketika ia masih kecil. Piaget memakai istiahscheme secara interchangeably dengan
istilah struktur. Scheme berhubungan dengan : (i) Refleks-refleks
pembawaan ; misalnya bernapas, makan, minum, (ii) Scheme mental ; misalnya
scheme of classification, scheme of operation. ( pola tingkah laku yang masih
sukar diamati seperti sikap, pola tingkah laku yang dapat diamati Jika schemas
/ skema / pola yang sudah dimiliki anak mampu menjelaskan hal-hal yang
dirasakan anak dari lingkungannya, kondisi ini dinamakan keadaan ekuilibrium (equilibrium), namu ketika anak menghadapi situasi baru yang
tidak bisa dijelaskan dengan pola-pola yang ada, anak mengalami sensasi
disekuilibrium (disequilibrium) yaitu kondisi yang tidak menyenangkan (Sutarno,
2009).
Tugas pada komputer adalah alat (perkakas), umumnya pada orang-orang di mana pemikiran manusia memproses sendiri. Otak manusia itu ibarat komputer, dapat terisi data atau program tertentu dan banyak file yang dapat tersimpan di sana (Landauer, 1987) . Apabila Anda ingin mengingat peristiwa yang telah terjadi, maka otak akan menampilkan kembali semacam rekaman atas peristiwa itu.Masing-masing bagian mempunyai tugas tersendiri. Otak kiri mengatur kegiatan bagian kanan tubuh, sebaliknya otak kanan mengatur kegiatan bagian kiri tubuh (Setiawan, 2014).
Para peneliti
telah berhasil membuat struktur nano baru yang menawarkan platform baru untuk
pengembangan perangkat memori nano yang sangat stabil dan dapat diandalkan
(Rizal, 2014). Dr. Sharath Sriram (dalam Rizal, 2014), rekan pemimpin Material
Fungsional RMIT and Microsystems Research Group, menyatakan bahwa struktur
berukuran nano tersebut terbuat dari film yang tipis, bahan oksida fungsional
yang 10.000 kali lebih tipis dari rambut manusia. Struktur yang dikembangkannya
dapat digunakan untuk berbagai aplikasi elektronik, dari perangkat memori ultra
cepat yang berukuran nano, hingga arsitektur logika komputer yang meniru
fleksibilitas dan waktu respon dari jaringan saraf biologis (manusia),
Sementara masih diperlukan investigasi yang lebih mendalam, tugas tersebut
dapat memajukan dan mendorong pencarian teknologi memori generasi berikutnya
yang meniru fungsi kompleks sistem saraf manusia. Dengan kata lain, membawa
kita satu langkah lebih dekat ke otak bionik (Rizal, 2014).
“The Brain” tulisan Profesor Isaac Asimov (dalam Wuryanano, 2014)
menyatakan tentang salah satu fakta yakni apa yang membuat kita tidak lebih
baik dalam mengingat, padahal otak kita dapat menggunakan sekitar 100 milyar
Bit informasi? (sama dengan 500 ensiklopedia) (Wuryanano, 2014). Otak manusia
itu ibarat komputer, dapat terisi data atau program tertentu dan banyak file
yang dapat tersimpan di sana. Apabila Anda ingin mengingat peristiwa yang telah
terjadi, maka otak akan menampilkan kembali semacam rekaman atas peristiwa itu
(Setiawan, 2014).
Kelebihan dan Kekurangan satu dengan yang lainnya adalah sebagai berikut:
komputer:
Lokasi penyimpanan berbasis informasi bekerja seperti lemari arsip
Satu komputer "fakta" per tempat
Dapat melaporkan "memori penuh"
otak:
Akses oleh konten menyimpan informasi dalam koneksi
Selama 1015 interkoneksi memungkinkan sekitar 100.000.000 megabyte
Lokasi penyimpanan berbasis informasi bekerja seperti lemari arsip
Satu komputer "fakta" per tempat
Dapat melaporkan "memori penuh"
otak:
Akses oleh konten menyimpan informasi dalam koneksi
Selama 1015 interkoneksi memungkinkan sekitar 100.000.000 megabyte
Pada
umumnya orang tidak yakin bahwa otak lebih unggul dari komputer.
Bagian
yang tidak digunakan sesungguhnya hampir mendekati 99%. Berarti kebanyakan kita
menggunakan hanya 1% bagian otak kita. kita terbiasa mengakses
potongan-potongan kecil kekuatan otak kita. Sedangkan menurut ilmuwan di
Stanford Riset Institute (dalam Wuryanano, 2014) sekitar 10%, otak kita
digunakan berarti 90% tidak digunakan.
Komputer
menghadapi kesulitan sedangkan mudah bagi individu dalam :
-Pengakuan Pola
- Cerdas percakapan
- Visual ambiguitas
- Bahasa
- Pengolahan Tata Ruang
- Konteks perubahan
-Self-referensi
- Cerdas percakapan
- Visual ambiguitas
- Bahasa
- Pengolahan Tata Ruang
- Konteks perubahan
-Self-referensi
Kelebihan
dari kognisi manusia, dapat menggunakan sekitar 100 milyar Bit informasi.
Otak
kita mempunyai lebih dari 100 trilyun hubungan yang memungkinkan terjalinnya beragam
hubungan secara lancar, komputer paling canggih pun kalah (Wuryanano, 2014).
Jaringan
syaraf kognisi manusia ditiru untuk arsitektur logika computer, meniru
fleksibilitas dan waktu respon dari jaringan saraf biologis (Setiawan, 2014).
Sumber :
Sumber :
Arwansyah,
W. (2015), Beberapa Teori Belajar Kognitif dari Tokoh
Dunia, http://www.belajarbagus.com/2015/03/teori-belajar-kognitif.html?m=1.
Panji. (2014). Berpikir, Kegiatan Kecil Pencegah Pikunhttp://www.edubio.info/2014/09/berpikir-kegiatan-kecil-pencegah-pikun.html?m=1.
Setiawan, B. (2014). Struktur otak manusia.
http://www.seputarpendidikan.com/2014/05/otak.html?m=1. Sora.
(2014) Pengertian Arsitektur Komputer Secara Lebih
Jelas http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html.
Rizal, F. (2014) Perangkat Memori Komputer yang Terinspirasi Sel Otak
Manusia
http://www.bhataramedia.com/581/perangkat-memori-komputer-yang-terinspirasi-sel-otak-manusia/2014/09/30/.
Wuryanano
(2014), Otak Anda Lebih Unggul dari Komputer http://www.wuryanano.com/2014/04/21/otak-anda-lebih-unggul-dari-komputer
Landaeur,
T. (1987), Interfacing thought: cognitive aspects of human-computer
interaction, New York: Bell Communication Research
No comments:
Post a Comment